Julie & Julia

Film inilah yang bikin aku pengen ngeblog lagi. Niatnya sih pengen kayak Julie Powell ~tokoh dalam film ini~ yang bikin catatan kegiatannya selama mengaplikasikan resep2 kuno Julia Child, tapi apa daya, diriku ini bukan juru masak yang handal ~wkwkwkwk… Jangankan bikin kue, bikin sop aja masih harus buka buku panduan. Kalo gak gitu, wah, alamat rasanya jadi kayak nano2.. :p

Anyway, film yang rilis di Amerika tanggal 7 Agustus 2009 lalu ini dibuat berdasarkan 2 kisah nyata, yang satu tentang Julie Powell, dan yang satu lagi tentang Julia Child. Dua tokoh ini hidup di jaman yang berbeda (pas cerita si Julie nongol, Julia sebenarnya masih hidup, cuma orangnya uda nenek2). Nah, cerita dibuka pas 1949, jaman dimana si Julia Child tinggal sama suaminya di Paris. Karena bingung mo ngapain di rumah, Julia memutuskan untuk ikut kursus memasak. Si Julia ini orangnya unik (agak mirip sama Mr. Bean, cuma Julia versi smart-nya, wkwkwk..), tapi gampang banget bergaul sama orang. Dan karena kecerdasannya, ia bisa lebih cepat menguasai materi kursus dibanding temen2nya yang lain (temen2nya tuh cowok semua, tapi pada mahir masak). Cerita pun berpindah ke masanya Julie Powell, yaitu tahun 2002. Julie ini merasa bosan dengan kehidupannya yang itu2 aja. Akhirnya dengan gagasan dari suaminya ~yang menurutku lumayan ganteng, hehe..~, Julie memutuskan untuk menantang dirinya mengaplikasikan semua resep yang ada di bukunya Julia Child hanya dalam waktu 1 tahun ~574 resep dalam 365 hari. Kebetulan sejak kecil Julie udah kagum sama Julia (mungkin lebih tepat dibilang terobsesi, daripada kagum.. secara Julie punya semua buku tentang Julia, punya banyak rekaman acaranya Julia ~kalo di Indo sama kayak acaranya Sisca Soewitomo ato Farah Quinn gitu deh..~, bahkan punya banyak info tentang kehidupan rumah tangga Julia sama suaminya). Selama setahun itu banyak pengalaman yang dialami Julie. Blognya yang awalnya sepi pengunjung, lama2 jadi rame. Konflik dan kelanjutan cerita kayaknya lebih sip kalo ditonton sendiri. Yang pasti cerita 2 tokoh utama ini munculnya saling bergantian. Tapi jangan khawatir, ceritanya gak bikin pusing kok, malah mungkin bikin kita senyum2 sendiri.

Pas awal nonton film ini, aku ngerasa kayak lagi nonton The Devil Wears Prada. Maklum, pemeran Julia Child-nya adalah Meryl Streep, sementara yang jadi suaminya adalah Stanley Tucci (inget dunk, Miranda dan asisten busananya yang botak..). Lucu deh, ngeliat pasangan ini. Mesra banget, apalagi pas adegan ranjang (hehe, tenaaang, adegannya masih dalam tahap manusiawi kok, wkwkwk). Padahal taon ini Meryl umurnya udah 61, sementara Stanley “baru” 50. Eh, pasangan satunya juga gak kalah mesra loh (kalo dalam kehidupan nyata semua suami-istri kayak begitu, di dunia ini gak bakalan ada kawin-cerai!!). Ada Amy Adams yang jadi Julie, dan Chriss Messina yang jadi suaminya. Ganteng dan cantik. Pas!! Adegan2 dimana Julie masak di dapur semuanya terlihat riil, bahkan ada tips memotong bebek dan mematikan lobster segala loh.. Inspiratif buat ibu2 yang doyan masak (gak termasuk aku, pastinya..). Mungkin ada yang mo bikin blog masak2an kayak Julie? Challenging urself to cook hundreds of recipes in a year.. Sapa tau ada publisher yang mo nerbitin tulisannya, kayak apa yang dialami Julie & Julia..

Julie & Julia

poster diambil dari http://www.impawards.com

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: