He Loves Me… He Loves Me Not

poster diambil dari http://www.impawards.com

Pernah nonton Da Vinci Code? Kalo pernah, berarti kenal dunk sama Audrey Tautou, cewek yang jadi partner-nya Tom Hanks di film itu? Review kali ini adalah tentang filmnya Audrey Tautou yang lain, salah satu film favoritku, He Loves Me… He Loves Me Not. Aku beberapa kali nonton film Perancis, tapi biasanya cuma inget judul, lupa ceritanya. Ato kalo gak gitu, inget cerita, tapi lupa judulnya. Nah, diantara sekian banyak yang aku tonton itu, cuma film ini yang judul sama ceritanya aku masih inget (yah, ada lupa2nya sedikit siy.. hehe..).

Film yang rilis tahun 2002 ini asli buatan Perancis. Sutradara, pemain, dan bahasa yang dipake juga bahasa Perancis. Judul aslinya A la folie… pas du tout. Kenapa (menurutku) film ini menarik? Karena cerita dan cara berceritanya cukup unik. Mungkin sebelumnya sudah ada beberapa film yang cara berceritanya kayak film ini, tapi buat aku ini adalah yang pertama. Film terbagi menjadi 2 bagian, setengah bagian pertama diambil dari sudut pandang tokoh perempuan (jangan tanya sapa nama tokoh2nya, coz ga ada satu pun yang aku inget, wkwkwk..), dan setengah bagian sisanya dari sudut pandang tokoh laki2nya.

Secara garis besar, ceritanya adalah tentang seorang perempuan yang mencintai laki2 beristri, dan akhirnya jadi terobsesi sama laki2 itu. Sebenernya perempuan ini pinter banget, malahan dia dapet beasiswa di sekolahnya (kalo gak salah sekolahnya berhubungan sama lukis-melukis), tapi karena dia emang agak “sakit”, jadinya begitu deh. Dia cerita ke semua orang kalo laki-laki itu juga suka sama dia. Dia bahkan bikin macem2 kado buat dirinya sendiri, seolah2 itu adalah kiriman dari si laki2. Pada setengah bagian pertama film, kita dibikin percaya kalo tokoh laki2 ini emang beneran ada affair sama si perempuan. Tapi begitu masuk bagian kedua, eng ing eng, ternyata laki2 ini bahkan ga kenal sama perempuan itu!! Gokil!!! Detil cerita mungkin bisa diliat sendiri di filmnya. Yang pasti film ini menarik banget buat ditonton.

Sekilas, ceritanya mungkin agak mirip sama Obsessed-nya Beyonce Knowles. Tapi kalo diliat dari taonnya, filmnya Audrey ini jelas lebih dulu keluar dibandingkan punya Beyonce. He Loves Me… He Loves Me Not rilis 2002 (di Amrik 2003), sedangkan Obsessed rilis 2009. Selain itu, walopun sama2 tentang cewek “gila” yang terobsesi sama cowok beristri, He Loves Me… He Loves Me Not ditampilkan lewat 2 sudut pandang yang berbeda. Sementara Obsessed, dia cuma menggunakan 1 sudut pandang, yaitu sudut pandang kita sebagai penonton, dan tokoh laki2nya pun sejak awal udah tau siapa yang ngejar2 dia. Kalo ditanya mana yang lebih bagus diantara 2 film “sakit” ini, ya jelas aku pilih He Loves Me… He Loves Me Not lah. Lebih bagus kemana2 (menurutku siy.. hehe..).

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: