Death at a Funeral

Tiap kali mampir ke rental film langganan, aku selalu tanya sama petugasnya, “Mbak, film yang lucu yang mana yah?”. Dan mbaknya slalu membalas dengan pertanyaan, “Udah nonton Death at a Funeral?”. Dalam hati aku bertanya2, “Fiuh, film opo iki?”. Heheh, gimana mo gak negative thinking dulu, coba. Lha wong cover VCD-nya begini:

poster diambil dari http://www.impawards.com

Waktu ngeliat gambar yang ada di cover itu, aku pikir ini film bakalan jayus gitu. Mana ada gambar orang tlenji-nya, lagi. Sepertinya ini film bakalan kayak American Pie. Tapi yah, demi kemaslahatan umat (kasian juga petugasnya, nti kalo gak dipinjam2, bisa2 tiap aku ke sana ditawarin lagi, ditawarin lagi.. capppee de..), akhirnya aku pinjam juga itu film. Dan ternyata…, semua dugaanku tadi salah total. Ini film dari bagian lagu pembuka aja udah bikin orang ketawa-ketiwi, apalagi pas liat adegan demi adegan di filmnya, waaa…, lucu bin ajaib!! Wkwkwkwk….

Film yang rilis 2007 ini ceritanya fokus pada satu keluarga yang mencoba untuk menghadapi berbagai macam masalah yang muncul tiba2 pas lagi ada pemakaman salah satu anggota keluarga mereka. Ada Daniel (anaknya orang yang meninggal ini), yang pengen beli rumah baru sama istrinya, dan karenanya agak keberatan untuk membiayai pemakaman ayahnya. Ada Robert (kakaknya Daniel), yang lebih rela blanjain duitnya untuk tiket pesawat kelas satu dibandingin bayar biaya pemakaman. Ada Marta (sepupu mereka), yang bingung mo ngenalin tunangannya ke ayahnya. Dan juga ada Simon (tunangan Marta), yang gara2 salah minum obat jadi berhalusinasi, tlenji di atas atap, dan tentu saja bikin semua orang jadi heboh.

Apakah masalah berhenti sampai di situ? Ow, ow, tentu tidaak.. Hehehe.. Masih ada satu masalah lagi. Peter (orangnya mini, kira2 seukuran Adul-nya Komeng), orang yang ternyata pacar rahasia ayah Daniel dan Robert, tiba2 nongol di pemakaman dan berniat memeras keluarga mereka lewat foto2 mesranya dengan ayah mereka. Jelas aja dua kakak beradik ini gak rela. Akhirnya dengan segala macam cara, bahkan ampe melibatkan Troy segala, dua orang ini berusaha untuk menyingkirkan Peter. Peter diiket dan dikurung di salah satu ruangan di rumah mereka. Berhubung itu ruang yang paling deket sama kamar mandi, otomatis banyak orang yang pengen masuk ke situ. Jadilah, orang2 ini pada main petak umpet. Sayangnya, Peter tiba2 secara gak sengaja kejedot meja (eh, meja apa tembok yak? lupa!!). Aslinya siy cuma pingsan, tapi Daniel, Robert dan Troy mikirnya dia udah mati (itu sebabnya filmnya dikasih judul Death at a Funeral).

Sementara itu, Simon yang lagi tlenji tiba2 nongol di atap dan ngoceh gak karuan. Para undangan pemakaman langsung aja berbondong2 keluar untuk melihat pemandangan ajaib ini. Nah, situasi inilah yang dimanfaatkan oleh tiga serangkai tadi untuk menyembunyikan jasad Peter. Si Peter dimasukin ke peti mati bareng sama ayahnya Daniel dan Robert. Posisinya itu lho yang bikin orang jadi geleng2 kepala. Dua mayat ini (yang satu sebenarnya belom bisa dibilang mayat) ditumpuk jadi satu, tapi posisinya saling berlawanan. Jadi yang satu madep ke atas, satunya lagi madep ke bawah. Uda gitu posisi mukanya Peter pas di depan selangkangan ayahnya Daniel-Robert. Hehehe, gokil!!! Cerita selanjutnya? Yah, silahkan ditonton sendiri^^

Oia, April 2010 ini remake-nya bakalan keluar. Inti ceritanya sih sama, tentang kekacauan2 yang terjadi selama pemakaman, tapi setting tempat dan para pemainnya beda. Kalo versi asli, setting tempatnya di Inggris, dan nama para pemainnya agak kurang familiar di telinga kita (yah, walopun wajahnya ada beberapa yang sering kita liat di film2). Sementara kalo versi remake, setting tempatnya di Amerika, dan nama para pemainnya banyak yang udah kita kenal. Chris Rock, Zoe Saldana, James Marsden, Luke Wilson, dan Martin Lawrence adalah beberapa diantaranya. Udah pada kenal dunk?? Yang menarik, tokoh Peter di film remake ini bakalan diperanin sama orang yang sama. Hmm, kira2 remake-nya bakal selucu film aslinya gak ya? Kita tunggu aja…

Ini poster untuk Death at a Funeral versi remake:

poster diambil dari http://www.impawards.com

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: