Wuthering Heights

Pertama kali denger istilah Wuthering Heights tuh pas aku masih SMP. Itu judul film yang diperanin sama Juliette Binoche dan Ralph Fiennes. Waktu itu film yang aslinya rilis taon 1992 ini lagi diputer di salah satu stasiun TV swasta kita (1992 itu taon rilisnya, bukan taon aku masuk SMP.. klo 1992 mah aku msh SD.. masih lucu2nya, wkwkwk..). Sebenernya bukan film yang terlalu menarik buat seorang anak SMP, tapi gak tau kenapa, judulnya itu nempel banget di kepalaku. Eh, gak taunya pas kuliah ketemu kata itu lagi. Bukan gara2 liat filmnya lagi, tapi karena ada dosenku yang mewajibkan kita untuk baca novel Wuthering Heights versi Inggris (doh, udah bukunya tebel, bahasa Inggrisnya jadul, eh, tulisannya sa’uprit2, lagi..).

Wuthering Heights itu satu2nya novel yang ditulis sama Emiliy Bronte. Pertama kali terbit taon 1847. Ceritanya menarik, tentang Heathcliff, cowok yang diangkat anak oleh keluarga Earnshaw sejak dia masih kecil. Dari semua keluarga Earnshaw, yang mau menerima Heathcliff dengan baik cuma pak Earnshaw dan anak perempuannya, Catherine. Sementara bu Earnshaw dan anak laki2nya, Hindley, kurang suka sama dia. Begitu bapak dan ibu Earnshaw meninggal, Hindley jadi makin kejam sama dia. Satu2nya yang baik ya cuma Catherine. Gak heran kalo dia akhirnya jatuh cinta sama Catherine. Untungnya, cintanya ini gak bertepuk sebelah tangan.

Suatu hari, pas Heathcliff-Catherine lagi jalan2, mereka gak sengaja masuk ke rumah keluarga Linton ~namanya Thruscross Grange. Catherine, yang terluka gara2 digigit anjingnya keluarga Linton, akhirnya dirawat disitu. Sementara Heathcliff, yang penampilannya emang dekil, dianggap gak cocok datang ke rumah itu, dan akhirnya disuruh pulang ke Wuthering Heights (jadi kata Wuthering Heights itu sebenarnya mengacu ke rumahnya keluarga Earnshaw). Hindley, yang emang mata duitan, akhirnya memaksa Catherine untuk nikah sama Edgar, anak laki2 dari keluarga Linton. Heathcliff sakit hati gara2 hal ini, apalagi dia belum sempat ngucapin I Love You ke si Catherine, dan begitu juga sebaliknya. Heathcliff berpikir kalo Catherine emang cuma mau mainin perasaan dia aja. Akhirnya dia mutusin untuk pergi dari Wuthering Heights.

Beberapa taon kemudian, Heathcliff kembali dan udah berubah jadi orang kaya. Wuthering Heights dibelinya, dan Hareton, anak Hindley satu2nya, dia rawat, tetapi diperlakukan kayak waktu Hindley memperlakukan dia dulu (ceritanya si Heathcliff ini mo balas dendam). Heathcliff bahkan menikahi adeknya Edgar, sekali pun dia sebenarnya gak suka. Tujuannya cuma satu, untuk balas dendam ke semua orang yang dulu pernah menyia2kan dia, termasuk ke Catherine. Bahkan ketika Hindley, Catherine, Edgar, dan istrinya meninggal sekali pun, dia masih dendam sama keluarga Earnshaw dan Linton. Yang jadi korban jelas anak2 keturunan mereka.

Catherine (anaknya Catherine-Edgar ~namanya memang sama kayak ibunya) dipaksa nikah sama Linton (anaknya Heathcliff sama adeknya Edgar). Catherine dikurung di Wuthering Heights (dikurung artinya gak boleh keluar dari Wuthering Heights, tapi kalo keluar masuk kamar mandi boleh lah.. hehe..)., dan setelah Linton meninggal, ternyata Catherine masih aja dikurung di situ. Awalnya Catherine dan Hareton gak saling suka, tapi lama2 jadi suka juga, terutama setelah catherine bantuin Hareton buat baca tulis (ampun deh, si Heathcliff ini bener2 kelewatan.. sama kejamnya kayak kompeni ke moyang kita dulu).  Heathcliff, yang udah semakin tua, ngerasa gak nyaman dengan kedekatan dua anak muda ini. Kelakuan Catherine yang cuek mengingatkannya pada Catherine yang dia suka, sedangkan kelakuan Hareton yang liar mengingatkannya pada dirinya sendiri pas masih muda. Hmm, kira2 apa yang bakal dilakuin Heathcliff ya? Apakah Catherine muda dan Hareton akan bersatu? Jawabannya ada di bukunya. Silahkan dibaca sendiri, wkwkwk…

Gak usah kuwatir kalo bahasa Inggrisnya gak terlalu cas cis cus, coz di toko buku biasanya ada yang edisi simple (kalo dosenku bilang itu edisi untuk anak2.. jiaah, maksudnya anak2 indo ato anak2 bule?). Harganya gak terlalu mahal. Edisi impor dulu aku liat harganya antara Rp 28.000 – 40.000, kalo edisi “anak-anak” lebih murah lagi ~yang bagus tuh yang terbitan India (kalo gak salah nama penerbitnya itu Rohan), harganya dulu gak sampe Rp 10.000, ukurannya kecil banget, tapi tulisannya gede2 (nenek 70 taon ke atas pasti masih bisa baca), dan understandable. Aku gak punya gambar cover yang edisi mungil ini, tapi kalo yang edisi “normal”, kira2 covernya kayak begini (terbitan Penguin, London):

gambar diambil dari http://www.wikipedia.org

  1. bro/sist, klo mw beli buku novelnya dimana ya ? lagi nyari neh…

    • di toko buku banyak kok.. klo belum naik, harganya sekitar 40ribuan.. itu bhs.inggris.. klo indo belom pernah nemu..

    • ninit
    • August 7th, 2011

    haloo..salam kenal…buku ini drealis ulang sama penerbit qanita, d gramed jg ada🙂

    • dhan
    • October 12th, 2011

    sekarang kayknya bagian aku deh yang dapet tugas baca novel Wuthering heights ini plus presentasi plot, karakter dll…pengen download film nya dimana ya?…bisa bantu? ^_^ thanks

    • gina
    • October 13th, 2011

    bener, aku udah baca yg diterbitkan sm qanita (Rp. 59.000), bahasanya lebih mudah dicerna, daripada yg terbitan gramedia (Rp. 55.000)

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: