Portrait of a Beauty

Gak bisa dipungkiri lagi kalo alasan utamaku nonton film ini adalah Kim Nam Gil. Yep, cowok yang juga nongol di The Great Queen Seon Deok sebagai Bidam ini adalah salah satu tokoh utama dalam film Portrait of a Beauty. Secara visual sebenarnya film ini bagus banget. Keindahan pemandangannya mengingatkanku pada Cinta Silver (yang pernah nonton Cinta Silver pasti tau kalo scene pemotretan di pematang sawah itu bener2 cantikk). Terlepas dari banyaknya adegan 21+ (bahaya nih, kalo anak 17 taon udah diperbolehin nonton beginian^^), cerita film ini juga sebenarnya cukup menarik.  Isu utama yang pengen diangkat adalah soal gender dan kemunafikan norma.

poster diambil dari hancinema.net

Film Korea yang rilis taon 2008 dan meraih banyak nominasi di 46th Annual Daejong Film Awards ini bercerita tentang Shin Yoon Bok, anak mantan pelukis istana, yang dipaksa ayahnya untuk menyamar jadi cowok demi meneruskan misinya jadi pelukis istana (pada jaman itu, perempuan gak boleh jadi pelukis). Yoon Bok kecil kemudian dititipin ke Kim Hong Do, pelukis istana kesayangan raja. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan Yoon Bok dalam melukis menjadi semakin bagus, bahkan ia menjadi murid kesayangan Hong Do.

Suatu hari, Yoon Bok dan Hong Do bertemu dengan Kang Moo yang berprofesi sebagai pembuat cermin. Mereka secara tidak sengaja memecahkan cermin mahal seorang bangsawan. Sebagai gantinya, mereka diminta untuk bikin lukisan yang nilainya melebihi harga cermin itu. Karena Hong Do tangannya sedang terluka, dan gak mungkin si dodol Kang Moo bikin lukisan (assli, Kim Nam Gil pas banget meranin tokoh ini^^), akhirnya Yoon Bok-lah yang harus turun tangan. Beruntung lukisan Yoon Bok dinilai tinggi, jadi mereka bertiga diperbolehkan pergi oleh bangsawan itu. Sejak saat itu, Kang Moo diminta Hong Do untuk membantu Yoon Bok mencari berbagai obyek lukisan. Awalnya Kang Moo gak ngeh kalo Yoon Bok tuh aslinya cewek, tapi gara2 satu kejadian, akhirnya dia tau juga. Lama2 hubungan 2 orang ini jadi makin deket, dan akhirnya muncullah yang namanya benih2 cinta (ihiiiy, suit… suit…^o^).

Masalah mulai muncul ketika Hong Do, mencium kedekatan mereka. Ternyata gurunya Yoon Bok ini juga menaruh hati sama Yoon Bok!! Selain itu, ada temen Yoon Bok yang iri dan mengadukan lukisan2 Yoon Bok ke raja. Kebetulan semakin ke sini, lukisan2nya memang semakin mengarah ke hal2 yang berbau seksualitas. Raja menganggap ini sebagai sesuatu yang merusak moral masyarakat, tetapi Yoon Bok justru beranggapan bahwa apa yang ia lukis adalah gambaran dari masyarakat yang sesungguhnya, yaitu masyarakat yang moralnya memang sudah rusak. Nah, kira2 gimana ya, kelanjutan kisah cinta Kang Moo – Yoon Bok? Apakah akan bahagia, atau justru sebaliknya? Kira2 apa yang bakal dilakuin Hong Do sama mereka berdua? Dan apakah Yoon Bok akan diampuni raja atas semua perbuatannya itu? Jawabannya silahkan dicari di filmnya. Ato kalo khawatir filmnya bakal mengerikan (hihihi, sekali lagi aku ingatkan, film ini hanya untuk yang umurnya udah 21 taon keatas^^), setidaknya cobalah cek video diatas. Isinya cuplikan adegan yang ada di film, yang dirangkai dengan lagu yang menurutku sangat indah (sayang lagu ini gak ada dalam filmnya..).

gambar diambil dari hancinema.net

    • misty80
    • February 1st, 2010

    Yeap, gw udah liat ni film. Bagus banget !! Sama gw jg hunting film ini demi KNG. Enggak nyangka kl filmnya “sangat dewasa”. Mula2 gw agak jealous sm yoon bok. Sumpah…. sampe seminggu gw msh uring2an. Rasanya gak rela liat doi gw (cie…) sleep with the other woman. Tp trus gw possitive thinking aja. Gw anggap ini sebagai hadiah istimewa for the mature fans of him (sori campur2 bhsnya, lg ngelatih bhs inggris nih). Kapan lagi bisa liat doi tampil polos begitu? Akhirnya….gw ucapin terimakasih deh sm KNG yg sdh memberikan segala keindahan itu. Sukses terus ya oppa….

    • ikaaaa
    • February 20th, 2010

    teman dimana bisa dapet dvd ni film??? ato download di mana?? huaaaaa… aku mo liat….!!! kasih tau ya dimana bisa dapetin ni film… please… T_T

    • kmrn siy aku bli dvd-nya di lapak film ba*****.. itu juga setelah muter2 ngalor ngidul.. hehe.. klo yang ori aku gak ngerti kudu bli dimana.. link buat yang donlotan aku juga gak ngerti, tapi kayaknya di search engine ada banyak deh..

  1. hI..nuccas…
    wah, nice blog sista^^..kebetulan saiah juga penggemar berat oppa namgil…
    btw,,adegan2 di POB mang hot hot pop yach (*mang iklan permen yah*)=,=..???? pingin nonton tp ga tew dunlud pelm or cari pelmnya?? T_T

    eh, nuccas tw gag judul lagu yg ada di salah satu trailer POB..lok ga salah ada kata2 shine the sun shine..*lalala*..itulah pokoknya..tw judul lagunya ga??
    makasih yah..ku tunggu balasannya ^^
    *BIG HUGS*

    • aq tau, aq tau.. hehe..
      judulnya the lucky one, yg nyanyi au revoir simone (eh, gak tau lagi yah, klo trnyt antara judul sama penyanyi namae kbalik.. wkwk..)
      cari mp3 sama liriknya gampang kok..
      aq dulu prnh cari di google, cuma lupa linknya..
      dicari dewe aja yah..^^

  2. ya ampun ilfil liat oppa mw maen film ky gt…=(

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: