3 Idiots

poster diambil dari http://www.filmicafe.com

Dilihat dari judul dan gambar posternya aja udah ketauan apa genre film ini. Eits, tapi jangan keburu underestimate dulu. Biarpun ini film kocak, tapi pesan yang ada di dalamnya dalem banget loh.. Kalo aku bilang sih, ini film gak cuma nyindir dunia pendidikan India aja, tapi juga Indonesia.

3 Idiots bercerita tentang 2 orang sahabat (Farhan dan Raju) yang sedang berusaha mencari sahabat mereka yang lain (Rancho) yang menghilang sejak 10 taon yang lalu. Tentu saja ini bukan pencarian yang mudah, secara banyak sekali rintangan yang harus mereka hadapi: mulai dari pertemuan mereka dengan Chatur (teman kuliah mereka yang dari dulu gak pernah mau kalah), pertemuan mereka dengan “Rancho” yang akhirnya menguak fakta bahwa Rancho yang selama ini mereka kenal bukanlah Rancho yang asli, hingga pertemuan mereka dengan Pia, mantan kekasih Rancho yang pernikahannya terpaksa mereka kacaukan. Di tengah upaya mereka mencari Rancho, cerita bergulir ke masa lalu, masa2 ketika Farhan dan Raju pertama kali menginjakkan di Sekolah Teknik terkemuka tempat mereka kuliah. Disinilah lalu muncul penjelasan tentang apa dan siapa Rancho yang mereka kenal.

3 Idiots bukan cuma berhasil nunjukin lemahnya sistem pendidikan di India (dan juga Indonesia..) yang selama ini cuma berbasis hapal menghapalkan teori, tapi juga nunjukin bahwa dimana2, yang namanya guru, dosen dan orangtua yang terlalu memaksakan kehendak sama anak pasti selalu ada (di sepanjang film ini, total ada 3 mahasiswa yang sampai nekat bunuh diri karena tertekan dengan guru, dosen dan orangtuanya). Btw, ada satu kalimat menarik yang selalu diucapkan Rancho di film ini : Aal Izz Well. Kesannya emang simpel, tapi kalo kita percaya, kalimat yang satu ini bisa jadi sugesti yang kuat buat kita ngadepin berbagai hal. Coba deh, liat adegan waktu Mona ~kakaknya Pia~ mau melahirkan. Biarpun gak ada satu dokter pun, tapi karena orang2 yang mengelilinginya saat itu percaya bahwa semuanya akan baik2 saja (=all is well/aal izz well), mereka pun pede bantuin Mona melahirkan. Haha, padahal waktu itu alat bantunya cuma berupa vacuum cleaner loh..^^

Namanya juga film India, pasti kurang lengkap kalo gak ada tari2an di dalamnya. Total ada 7 lagu asyik yang mengiri tari2an di film ini. Kalo mau tau lebih lengkap, silahkan donlot di halaman Soundtrack.

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: