Sybil (2007)

 

Biasanya orang bikin review setelah filmnya ditonton sampe abis, tapi berhubung kali ini aku gak pengen jadi orang biasa, jadi reviewnya bukan berdasarkan film yang aku tonton sampe abis. Ini bukan gara2 filmnya jelek loh, tapi karena kebetulan waktu aku nonton film ini, kondisinya gak memungkinkan untuk nonton sampe abis. Waktu itu nontonnya di ruang tunggu stasiun kereta api. Kebetulan di situ ada TV, dan salah satu stasiun TV nasional kita lagi muter film ini. Aku cuma nonton sekitar 40 menitan sih, itu pun nontonnya gak dari awal. Tapi kalo menurut aku, film ini cukup menarik untuk ditonton.

Film yang merupakan remake dari film berjudul sama rilisan 1976 ini bercerita tentang seorang cewek bernama Sybil yang mengalami multiple personality disorder ato dalam istilah sederhananya disebut dengan kepribadian ganda. Bukan cuma 2 ato 3 kepribadian yang dimiliki oleh Sybil, melainkan ada 16, yaitu:

  1. Sybil Isabel Dorsett – kepribadian utama
  2. Victoria Antoinette Scharleau (dijuluki Vicky) – percaya diri dan anggun
  3. Peggy Lou Baldwin – tegas, antusias, dan sering marah
  4. Peggy Ann Baldwin – counterpart dari Peggy Lou
  5. Mary Lucinda Saunders Dorsett – senang tinggal di rumah, merenung, dan keibuan
  6. Marcia Lynn Dorsett – penulis dan pelukis yang sangat emosional
  7. Vanessa Gail Dorsett – dramatis
  8. Mike Dorsett (satu dari dua male side Sybil) – tukang bangunan dan tukang kayu
  9. Sid Dorsett (male side Sybil lainnya) – seorang tukang kayu
  10. Nancy Lou Ann Baldwin – tertarik dalam politik
  11. Sybil Ann Dorsett
  12. Ruthie Dorsett – salah satu yang kepribadiannya kurang berkembang
  13. Clara Dorsett – sangat religius dan sangat kritis terhadap Sybil
  14. Helen Dorsett
  15. Marjorie Dorsett – tenang, riang, dan mudah tertawa
  16. The Blonde – remaja tanpa nama dengan pandangan yang optimis

Keenam belas kepribadian ini ditemukan oleh Dr. Cornelia Wilbur dalam diri Sybil secara gak sengaja. Tadinya Sybil hanya berkonsultasi karena diduga mengalami female hysteria, tapi belakangan, diketahui kalo ternyata Sybil memiliki masa lalu yang kurang menyenangkan. Di tangan ibunya yang juga berkepribadian aneh, Sybil terus2an mengalami penyiksaan, baik secara fisik maupun mental. Penyiksaan inilah yang akhirnya membuatnya berkepribadian ganda.

Tema2 seperti ini mungkin udah banyak diangkat ke layar lebar, tapi terus terang, ini adalah pertama kalinya aku nonton film semacam ini. Itu sebabnya, biarpun aku gak nonton filmnya sampe abis (karena keburu naek kereta api), aku tetep niat untuk bikin reviewnya. Film ini sendiri sebenarnya diangkat dari buku berjudul sama terbitan taun 1973. Buat yang pengen baca buku laen dengan tema yang serupa, mungkin 24 Wajah Billy dan The (Un) Reality Show bisa jadi pilihan yang cukup oke🙂

    • Ayuni
    • August 26th, 2012

    ada juga kok mba novel berdasarkan kisah hidup si sybil ini, cuma lupa judul lengkapnya

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: