Micmacs à tire-larigot

poster diambil dari http://www.impawards.com

Thanks to He Loves Me, He Loves Me Not.. Kalo bukan karena film itu, gak mungkin aku bisa kenal sama film2 Perancis lainnya. Gak tau kenapa, aku tuh selalu menganggap kalo film2 Perancis itu ajaib, unik, gak jelas, tapi tetep menarik untuk ditonton. Well, gak semua film Perancis sih, tapi menurutku sebagian besar seperti itu. Nah, film Perancis terakhir yang aku tonton adalah yang satu ini: Micmacs à tire-larigot. Mungkin karena sutradara dan penulis naskahnya sama seperti Amélie (2001) dan A Very Long Engangement (2004), makanya film ini sama ajaibnya seperti 2 film tersebut.

Micmacs à tire-larigot adalah film Perancis rilisan 2009 yang bercerita tentang seorang cowok bernama Bazil. Waktu Bazil masih kecil, bapaknya meninggal karena ranjau. Foto pecahan ranjau itu terus disimpen Bazil bahkan sampai dia dewasa. Nah, suatu hari, terjadi kekacauan di depan rental video tempat Bazil kerja. Dua orang saling tembak dan secara gak sengaja pistol salah satu orang tersebut terlepas dari genggaman. Apesnya, pistol itu sempet ngeluarin peluru, dan peluru itu nancep persis di dahi Bazil. Dokter gak berani ngambil peluru itu dari dahinya, soalnya kalo dicabut, yang ada malah nyawa Bazil jadi melayang. Akibatnya, Bazil harus merelakan peluru itu nyangkut di dahinya untuk selamanya.

Sudah jatuh tertimpa tangga. Hmm, ini peribahasa yang pas banget buat si Bazil. Udah dahinya kena tembak, eh, kerjaannya sebagai penjaga rental juga diambil sama orang lain. Untungnya, orang lain tersebut sempet ngasih tau Bazil soal penembakan yang terjadi sama dia. Bazil bahkan dikasih sebutir peluru yang diduga berasal dari pistol yang sama seperti pistol yang nembak dia. Berbekal foto ranjau dan sebutir peluru, Bazil lalu memutuskan untuk membalas dendam ke perusahaan penghasil ranjau dan peluru itu sekaligus. Kebetulan banget 2 perusahaan itu lokasi kantornya saling berseberangan. Nah, sekarang pertanyaannya cuma satu: mungkin gak sih dengan kepribadiannya yang ajaib itu, si Bazil bisa membalaskan dendamnya?

 

 

Mungkin banyak yang bertanya2 kenapa aku beranggapan kalo Micmacs à tire-larigot adalah film ajaib. Haha, maapkan ketidakmampuan saia dalam mengekspresikan sesuatu dengan gamblang. ‘Ajaib’ disini gak selalu berarti negatif, cuma aku bingung juga mau menganggap film ini seperti apa. Sosok Bazil di film ini mengingatkanku pada Mr. Bean; gak banyak omong, dan kelakuannya sukses bikin orang geleng2 kepala. Gak cuma Bazil yang kelakuannya ajaib. Temen2 Bazil juga sama ajaibnya. Ada Calculator, cewek yang bisa menghitung dan mengkalkulasi semua hal hanya dengan sekali liat; Elastic Girl, cewek yang bisa ngelipat badannya sedemikian rupa sampai bisa masuk kulkas atau kardus; Buster, yang terobsesi masuk Guinness Book of Record; dan 4 temen lainnya yang semuanya ajaib. Kalo ada waktu, jangan lupa mampir di official website-nya. Siapa tau disitu bisa nemuin hal2 ajaib lainnya.🙂

    • wenny
    • August 26th, 2012

    aku lagi cari dialog film micmacs a tire-larigot, bisa bantu gak??

  1. No trackbacks yet.

You must be logged in to post a comment.
%d bloggers like this: